Jumat, 08 Februari 2013

KH Said Basalamah : Hadapilah Musibah dengan Sabar


Berbagai musibah yang melanda Kabupaten Brebes harus dihadapi dengan sabar. Seperti terjadinya tanah longsor di Dukuh Wulung Desa Plompong Kec Sirampog Brebes, tragedi malahayu, keracunan anak sekolah ataupun yang lainnya. Sebab dengan sabar akan terurai berbagai permasalahan yang muncul.

Hal tersebut disampaikan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Brebes KH Said Basalamah saat mengisi bimbingan mental di Pendopo Bupati Brebes, Jumat (7/2/2013).

Musibah, lanjutnya, tidak akan datang terus menerus kalau kita mampu mengambil hikmahnya. Justru dengan kesabaran tersebut, akan datang pula keberkahan, hadiah-hadiah, rejeki dan apapun yang dikehendaki Allah SWT.

Seyogyanya, masih kata Kiai Said, hidup ini seharusnya disikapi dengan rasa syukur. Syukur dalam artian bersujud pada-Nya. Karena akan mendatangkan barokah, rejeki yang berlimpah ruah. “Kalau kita bersyukur maka akan ditambah kenikmatannhya sedangkan bila kita kufur maka siksa-Ku amat pedih,” demikian Kiai said menerangkan seraya menukil sebuah ayat Al Quran.

Syukur disini harus pula dengan ucapan lisan, sentuhan kalbu dan gerakan badan. Artinya, kita dituntut untuk tidak terlalu banyak ‘ngresulah’. “Ngresulah, menjadikan kita berat hati melakukan perintah-perintah Allah dan selalu menyalahkah Allah SWT,” tuturnya. Disamping itu, sikap sabar juga kita terapkan ketika kita didzolimi. Penerepannya, hendaklah kita mengampuni orang yang mendzolimi. Namun apabila kita yang mendzolimi orang lain, harus cepat-cepat ingat pada Allah SWT bahwa kita akan mati. “Kita harus gentleman meminta maaf pada orang yang didzolimi,” ajaknya.

Perkara orang yang kita dzolimi kemudian tidak menerima permintaan maaf kita, itu bukan urusan kita. Tapi sudah menjadi urusan Allah SWT. Ada satu contoh permintaan sahabat Robiah bin Malik kepada Nabi Muhammad SAW yang ingin berkhidmat ke Rosul selama hidup di dunia dan akherat. Nabi hanya menyarankan untuk selalu bersyukur kepada-Nya. “Perbanyaklah sujud pada Allah SWT, sebab dengan bermunajat kepada Allah SWT, insya Allah segala urusan akan dimudahkan,”pungkasnya. Bintal diikuti seluruh pejabat eselon II dan III di lingkungan pemerintah Kabupaten Brebes. Bertindak sebagai moderator Asisten II Setda Brebes Ir Moh Iqbal didampingi Plt SEKDA Emasthoni Ezam SH MM.(Ros_KL.17/R1) 

Sumber :: KoranLokal.COM

0 komentar:

Posting Komentar

pembaca yang baik selalu,memberi comentar yang baik pula,buat artikel aljinet ini,biar ada masukan lebih dan memgembangkan blog aljinet ini,untuk itu disarankan comentlah artikel kami,beri kritikan yang pedas tidak masalah,silakan di coment kawan

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More