Senin, 28 Januari 2013

Pondasi Terkikis Arus Deras, Jembatan Paseh Putus

@Bumiayuku -Jembatan Sungai Paseh penghubung antara Desa Kaliloka dengan Desa Benda, Kecamatan Sirampog, Brebes, Jawa Tengah, putus dan tidak bisa dilewati lagi baik kendaraan roda dua maupun pejalan kaki. Jembatan putus, Senin 28 Januari 2013 sekira pukul 04.30, akibat salah satu pondasi penyangganya ambrol terkikis arus sungai.

Jembatan dengan kontruksi landasan beton dan pondasi pasangan batu belah itu berukuran panjang 14 meter, lebar 3 meter dan ketinggian dari dasar sungai 12 meter. Jembatan yang dibangun melalui kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) Sengkuyung II Tahun Anggarann 2011 Kodim 0713 Brebes, selama ini menjadi salah satu akses transportasi vital bagi warga Desa Kaliloka, terutama para siswa yang banyak bersekolah di Desa Benda.

"Ini salah satu jalan vital bagi warga, para siswa melewati jembatan ini untuk menuju tempat sekolah di Benda dan juga akses ekonomi," kata Komandan Kodim 0713 Brebes, Letkol Arm Abu Hanifah Nur, yang datang langsung meninjau ke lokasi.

Menurutnya, mengingat pentingnya jembatan tersebut sebagai salah satu jalur transportasi dan ekonomi pihaknya siap untuk membantu penanganan darurat yang akan dikerjakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Brebes. "Untuk perbaikan darurat bisa dengan kontruksi kayu dan itu nanti kewenangan dari BPBD Brebes, tapi kami dari TNI siap untuk membantu tenaganya," ujar Abu Hanifah.

Dikatakan, rencananya jalan penghubung itu akan ditingkatkan melalui kegiatan Karya Bhakti TNI Kodim Brebes pada tahun ini, tepatnya bulan November 2013 mendatang. Jalan akan ditingkatkan dengan rabat beton dan diaspal shansit.

"Sebagian jalan sudah diaspal saat TMMD dulu, sementara di seberang jembatan belum diaspal dan akan dilakukan Karya Bhakti pada November nanti," ucap Abu Hanifah.

Sementara itu, Kepala BPBD Brebes, Rais Khana yang juga meninjau ke lokasi bersama rombongan Dandim mengatakan, pihaknya akan segera melakukan penanganan darurat. Pihaknya berkordinasi dengan Dinas terkait untuk pelaksanaan pekerjaan darurat tersebut. "Akan segera kita bauat jembatan darurat dengan kontruksi kayu," katanya.

Peninjauan Dandim Brebes dan BPBD ke lokasi jembatan putus itu didampingi Camat Sirampog, Munaedi SH dan juga Ymt Kepala Desa Kaliloka, Iskandar. Nampak meninjau lokasi pula Kepala UPTD Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Wilayah Bumiayu, Suharto.

Sumber : PanturaNews

0 komentar:

Posting Komentar

pembaca yang baik selalu,memberi comentar yang baik pula,buat artikel aljinet ini,biar ada masukan lebih dan memgembangkan blog aljinet ini,untuk itu disarankan comentlah artikel kami,beri kritikan yang pedas tidak masalah,silakan di coment kawan

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More