Sabtu, 09 Maret 2013

kelompok tani ternak di kecamatan Salem Budidaya Udang Galah


@Bumiayuku - Sebanyak lima kelompok tani ternak di kecamatan Salem, Kabupaten Brebes mulai melirik budidaya udang galah yang merupakan salah satu komoditas air tawar yang cukup bagus harga jualnya dibanding ikan air tawar lainnya.

PPL kecamatan salem Sucipto SP mengatakan, Budidaya perikanan khususnya Udang galah ini memiliki peluang usaha yang menjanjikan keuntungan yang luar biasa, selain itu juga berdampak terhadap pembangunan daerah yang cukup besar dan membuka lapangan kerja baru bagi daerah itu sendiri. Disamping itu lahan yang dipergunakan untuk budidaya ini tidak harus luas, untuk kolamnya hanya diperlukan lahan sekitar 20x20 meter saja.

Kemudian untuk tingkat kematian komoditas udang ini hanya dikisaran 30 persen saja dengan masa panen mulai dari 4 hingga 5 bulan dan untuk harganya juga sangat fantastik yakni Rp. 50.000,-/kilogram.

"Yang jelas kami ingin mengembangkan potensi perikanan di kecamatan salem agar lebih baik dan juga untuk membuktikan bahwa di daerah pegunungan juga memiliki potensi yang sama seperti didaerah pesisir"paparnya.

Dia juga menyatakan, pihaknya saat ini telah membina sebanyak lima kelompok tani ternak yang tersebar dikecamatan Salem, diantaranya kelompok tani ternak Suka Makmur di desa Bentarsari, Jaya Tani di desa Banjaran, Sri Asih didesa Salem, Rukun Tani di desa Pabuaran dan Mitra Lesmana didesa Indra jaya.

Taswahadi dari kelompok Sri Asih desa Salem mengakui, dirinya merasa terbantu dengan usaha budidaya udang galah ini, pasalnya budidaya udang galah saat ini memiliki prospek peluang yang menguntungkan untuk dikembangkan. " Kami sekarang sudah tak binggung lagi karena para pembeli sudah datang sendiri saat panen dan pembeli kami rata-rata dari ciamis dan majenang" pungkasnya. (Dhan_KL.13/RI) 

0 komentar:

Posting Komentar

pembaca yang baik selalu,memberi comentar yang baik pula,buat artikel aljinet ini,biar ada masukan lebih dan memgembangkan blog aljinet ini,untuk itu disarankan comentlah artikel kami,beri kritikan yang pedas tidak masalah,silakan di coment kawan

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More