Jumat, 22 Maret 2013

Bawang Impor Masuk, Harga Bawang Lokal Turun Drastis

@Bumiayuku (Brebes) -  Setelah sempat meroket hingga menembus harga Rp 40 ribu per kilogramnya, harga bawang merah di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, anjlog  pada kisaran Rp 27 sampai 30 ribu per kilogram, Kamis 21 Maret 2013.

Anjlognya harga bawang hingga mencapai hampir 50 persen, akibat adanya isu pemerintah akan kembali membuka kran impor bawang. Karena itu, saat ini para petani mengaku dirugikan akibat anjlognya harga bawang merah tersebut.

Ketua Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI) Pusat, Juwari mengatakan, turunnya harga bawang merah itu terjadi karena faktor bawang impor yang mulai masuk Indonesia. Padahal bawang impor itu, saat ini belum masuk di pasar lokal Brebes, tetapi masih berada di sejumlah pelabuhan.

Informasi yang diterima, lanjut Juwari, saat ini Rekomendasi Impor Produk Holtikultura (RIPH) dari Kementerian Pertanian sudah dikeluarkan. Faktor lain, sedikit banyak terpengaruh munculnya statmen Presiden terkait harga bawang yang melonjak. Di samping itu, kondisi di Brebes para petani juga kini sudah mulai panen. Sehingga, stok saat ini juga mulai bertambah.

"Ini yang menyebabkan harga bawang mulai turun," terangnya.

Menurutnya, kondisi di lapangan saat ini petani memang sudah mulai panen, dan stok makin meningkat. Namun yang dikhawatirkan stok benih atau bibit langka. Itu terjadi karena petani menjual hasil panennya karena harga tinggi.

Sementara, Ashori, petani bawang asal Desa Larangan, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes mengatakan, pihaknya meminta Pemerintah tidak buru-buru membuka kran impor bawang merah.
"Kalau pun harus mendatangkan bawang impor, petani berharap bawang merah impor didatangkan secara bertahap dengan jumlah terbatas, sehingga tidak banyak petani lokal yang menanggung kerugian besar," tuturnya.

Sedangkan, lanjut Ashori, biaya produksi tanaman bawang masih berpatokan pada harga lama. Sehingga jika harus menjual dengan harga sekarang, mereka dipastikan mengalami kerugian cukup besar.

Sumber : PanturaNews

0 komentar:

Posting Komentar

pembaca yang baik selalu,memberi comentar yang baik pula,buat artikel aljinet ini,biar ada masukan lebih dan memgembangkan blog aljinet ini,untuk itu disarankan comentlah artikel kami,beri kritikan yang pedas tidak masalah,silakan di coment kawan

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More