Kamis, 07 Maret 2013

E-KTP Dibagikan Bersamaan 100 Hari Kerja Bupati

@Bumiayuku - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes, Jawa Tengah (Jateng), akan mulai membagikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik atau E-KTP kepada warga yang sudah melalukan perekaman dimasing-masing kecamatan.

Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Brebes, Asmuni, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pendaftaran Penduduk, Da'an Susanto mengatakan, sesuai dengan rencana pembagian E-KTP kepada warga Kabupaten Brebes akan mulai dibagikan bersamaan dengan 100 hari kerja Hj. Idza Priyanti SE menjadi Bupati.

"Kalau tidak ada halangan Insya Allah E-KTP warga yang sudah melalukan perekaman dimasing-masing kecamatan akan mulai dibagikan bersamaan dengan 100 hari kerja Hj. Idza Priyanti SE menjadi Bupati pada 14 Maret 2013 mendatang," ujar Da'an ketika dikonfirmasi PanturaNews.Com, di kantornya Rabu 06 Maret 2013.

Namun, kata Da'an, sebelum E-KTP akan dibagikan kepada warga Kabupaten Brebes, secara simbolis penyerahan E-KTP terlebih dahulu akan diberikan kepada Bupati Hj. Idza Priyanti bersama suaminya Warsidin beserta pejabat yang ada di lingkungan Pemkab Brebes, namun yang tinggal di wilayah Kecamatan Brebes.

"Jadi, untuk penyerahan atau pembagian E-KTP terlebih dahulu diawali di Kecamatan Brebes. Selanjutnya diikuti dimasing-masing kecamatan melalui surat udangan yang akan dibuat oleh pihak masing-masing kecamatan," terangnya.

Menurutnya, berdasarkan data yang ada, jumlah warga Kabupaten Brebes yang sudah melakukan perekaman E-KTP di masing-masing kecamatan sampai bulan Februari 2013 mencapai 1,037 juta penduduk. Namun, dari jumlah tersebut sebanyak 80 persennya bisa dibagikan. Hal itu dikarenakan Kemendagri saat ini masih melakukan penyortiran akibat banyak kesalahan dalam mencantumkan data di E-KTP.

"Diantaranya seperti, pencantuman nama, tanggal lahir maupun nama desa atau kecamatan tidak sesuai dengan penempatannya sehingga harus dilakukan perubahan data," ungkapnya.

Sementara, berdasarkan kuota yang telah ditentukan, jumlah warga yang melakukan perekaman E-KTP seharusnya 1,485 juta penduduk. Namun, saat ini baru sekitar 70 persen yang sudah melakukan perekaman. Meski begitu, bagi warga yang belum melakukan perekaman bisa menyusul di masing-masing kecamatan sesuai dengan tempat tinggalnya.

"Kami berharap warga yang belum melakukan perekaman bisa segera untuk melakukan perekeman dimasing-masing kecamatan. Sebab, pemerintah pusat melalui Kemendagri akan memberlakukan penggunaan E-KTP secara nasional pada awal November 2013 mendatang," paparnya.

Sumber : PanturaNews

0 komentar:

Posting Komentar

pembaca yang baik selalu,memberi comentar yang baik pula,buat artikel aljinet ini,biar ada masukan lebih dan memgembangkan blog aljinet ini,untuk itu disarankan comentlah artikel kami,beri kritikan yang pedas tidak masalah,silakan di coment kawan

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More