Jumat, 15 Maret 2013

Hujan Berkah Bagi Warga OW Waduk Penjalin

@Bumiayuku - Musim hujan yang tengah berlangsung akhir-akhir ini, ternyata membawa berkah tersendiri bagi masyarakat di sekitara kawasan Waduk penjalin desa winduaji kec Paguyangan. Pasalnya selama musim hujan berlangsung, membuat debit air diwaduk penjalin menjadi naik dan secara otomatis ribuan populasi air (ikan) wadukpun menjadi semakin banyak.

Hampir setiap pagi dan sore hari, masyarakat disekitar waduk selalu berburu ikan kecil-kecil dan udang air tawar yang banyak dijumpai pinggiran waduk penjalin untuk menambah penghasilan mereka.

" Jujur kami merasa terbantu dengan mulai bermunculannya ikan-kan kecil dan udang ini, kami bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Karena saat ini jenis ikan seperti itu banyak diminati oleh sebagian orang, mungkin karena rasanya yang gurih" kata Jubaedah (35) salah seorang warga sekitar yang sering mencari ikan waduk.

Menurutnya, dalam sehari dia mampu menangkap udang ataupun ikan kecil-kecil itu sekitar 1 sampai 3 kilogram dengan cara menjaring di sekitar tepian waduk. Kemudian dari hasil tangkapannya itu, ia jual kepada para pemilik warung dipinggiran waduk sekitar Rp. 15.000 per kilogramnya. " Alhamdulillah, biarpun itu kerja sambilan untuk membantu suami saya tapi hasilnya lumayan untuk mencukupi kebutuhan kami sehari-hari" ungkapnya. Terlebih dengan banyaknya para pengunjung waduk yang mulai tertarik dengan kuliner ikan waduk, usaha para pencari ikan ini menjadi semakin bersemangat dan secara otomatis juga memberikan dampak positif bagi prilaku bersih mereka terhadap kelestarian lingkungan di sekitar waduk Penjali.(Dhan_KL.13/RI) 

0 komentar:

Posting Komentar

pembaca yang baik selalu,memberi comentar yang baik pula,buat artikel aljinet ini,biar ada masukan lebih dan memgembangkan blog aljinet ini,untuk itu disarankan comentlah artikel kami,beri kritikan yang pedas tidak masalah,silakan di coment kawan

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More