Senin, 18 Maret 2013

Jalan Longsor, Jalur Utama Tegal-Purwokerto Kritis

@Bumiayuku (Brebes) - Belum adanya penanganan pada tebing Sungai Kalong yang longsor, mengakibatkan kondisi jalan nasional ruas Jakarta - Tegal - Purwokerto, tepatnya di jalur di Desa Tonjong, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, makin kritis dan terancam putus.
Kondisi tebing terus terkikis dan badan jalan telah amblas lebih dari satu meter, dan dikawatirkan akan putus. "Longsor telah memakan badan jalan lebih dari satu meter, kondisinya sangat membahayakan keselamatan jalan nasional," kata Kepala Desa Tonjong, Maksudi kepada PanturaNews.Com, Senin 18 Maret 2913.

Menurutnya, sejak mengalami longsor pada awal Januari 2013 lalu kondisinya makin mengprihatinkan dan lalulintas diberlakukan secara buka tutup. Area di sekitarnya yang merupakan pemukiman warga juga mengalami retak-retak.

"Ada lima rumah warga yang ada di dekat lokasi itu, juga mengalami retak-retak dan terancam keselamatannya," kata Maksudi.

Dikatakan, belum dilakukannya penanganan banyak dikeluhkan warga dan juga pengguna jalan. Mengingat jalan tersebut sangat vital bagi jalur ekonomi dan menjadi penghubung antara jalur pantura dan jalur selatan provinsi Jawa Tengah. "Informasi yang diperoleh penanganan baru akan dilakukan pada april 2013 mendatang," katanya.

Sementara itu, pengamatan PanturaNews.Com di lokasi nampak kondisi badan jalan amblas selebar lebih dari satu meter ke dasar sungai sedalam 25 meter. Untuk menjaga keselamatan pengguna jalan, di lokasi telah dipasang batas pengaman.

Lalulintasyang diberlakukan dengan sistim buka tutup atau bergantian seringkali mengakibatkan terjadinya antrian kendaraan yang cukup panjang, karena harus antri untuk mendapat giliran bisa lewat.

Sumber : PanturaNews

0 komentar:

Posting Komentar

pembaca yang baik selalu,memberi comentar yang baik pula,buat artikel aljinet ini,biar ada masukan lebih dan memgembangkan blog aljinet ini,untuk itu disarankan comentlah artikel kami,beri kritikan yang pedas tidak masalah,silakan di coment kawan

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More