Kamis, 14 Maret 2013

Warga was-was, Kemungkinan Sinkhole ke Empat Terjadi Lagi

@Bumiayuku - Mengingat masih tingginya intensitas hujan akhir-akhir ini, membuat masyarakat desa Pandansari kec. Paguyangan kab. Brebes masih merasa was-was dengan kemungkinan munculnya sinkhole yang keempat. Pasalnya fenomena alam ini, tidak hanya terjadi sekali saja tetapi sudah berkali-kali dan tidak menutup kemungkinan kejadian serupa bisa saja terjadi lagi mengingat masih tingginya intensitas hujan di kecamatan Paguyangan. Demikian disampaikan Paimun (62) salah seorang warga setempat yang lahan pertaniannya muncul sinkhole pertama (1994) dan sinkhole kedua (2010).

Menurutnya, dari beberapa fenomena alam sinkhole yang terjadi baik Sinkhole pertama hingga yang ketiga (2013) lalu, selalu diawali dengan intensitas hujan yang cukup tinggi dan berlangsung lama hingga menyebabkan genangan air yang cukup meluas dilokasi kemunculan Sinkhole.

" Warga disini sekarang ini menjadi was-was manakala terjadi hujan deras dan berlangsung lama, mereka khawatir jika terjadi sinkhole berikutnya di pemukiman warga. Kamipun telah meminta kepala desa guna menyikapi keresahan warga ini" katanya

Menyikapi keresahan warga desa Pandansari kec paguynagan, Camat Paguyangan Drs.Hudiyono MSi akan melakukan koordinasi dengan Dinas terkait untuk mendatangkan tenaga ahli/pakar dibidangnya ke desa Pandansari,guna mengetahui ada apa sebenarnya dengan fenomena alam tersebut. " Harapannya masyarakat desa pandansari bisa tahu dan mengerti akan kondisi alam dilingkungan mereka, Sehingga mereka bisa bertindak cepat manakala terjadi gejala alam atau apapun yang dianggap berbahaya" pungkasnya.

Seperti yang pernah diberitakan sebelumnya, Sebuah fenomena alam menakjubkan muncul disebuah kawasan pegunungan Brebes Selatan tepatnya di dukuh Igir Pandan Rt 6 Rw 5 desa Pandansari kec.Paguyangan kab. Brebes jateng, yakni munculnya sebuah lubang raksasa (sinkhole) yang menganga berbentuk mirip sumur besar ditengah hamparan rumput gajah milik Endang (35) warga setempat. Sinkhole yang muncul tersebut diperkirakan berdiameter sekitar 7 meter dengan kedalaman kurang lebih 15 meter.Berdasarkan informasi yang dihimpun dilapangan menyebutkan, Fenomena alam ini terjadi pada sabtu (5/1/2013) petang, paska hujan lebat yang berlangsung beberapa jam lamanya hingga menyebabkan genangan air yang cukup meluas dikawasan tersebut dan tak lama kemudian terbentuklah Sinkhole tersebut.(Dhan_KL.13/RI) 

0 komentar:

Posting Komentar

pembaca yang baik selalu,memberi comentar yang baik pula,buat artikel aljinet ini,biar ada masukan lebih dan memgembangkan blog aljinet ini,untuk itu disarankan comentlah artikel kami,beri kritikan yang pedas tidak masalah,silakan di coment kawan

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More